Manfaat Madu

Manfaat Madu

Hayooo siapa yang suka rajin minum madu? selain rasanya yang enak dan manis ternyata madu juga banyak manfaatnya loooh :3

 

Madu sangat baik bagi kesehatan karena mengandung berbagai macam unsur nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan, kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu sudah dimanfaatkan sejak jaman mesir kuno sebagai obat dan bahan kecantikan lho 🙂

Aristoteles dalam bukunya 350SM pernah mencatat bila madu merupakan obat mata paling mujarab. Hal ini juga dikuatkan oleh profesor Hauser pada tahun 1845 bila madu dapat digunakan untuk mengobati luka bakar tubuh dan mata. Bahkan, islam pun juga menganjurkan OTEM ( obat tetes mata ) yang bahan dasarnya terbuat dari madu. Itulah sejarah singkat betapa banyaknya kandungan dan manfaat madu.

 

Ilmu pengetahuan modern telah mencatat bila cairan yang diproduksi oleh lebah ini mengandung hampir 600 senyawa. banyak banget yaaa >,

Pemanis tertua di bumi ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang harus dilestarikan. keren ya 😀

pada penasaran gak apa aja manfaat si madu ini? 😀 yuk simak 😀

 

  1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Kandungann flavonoid dalam madu bermanfaat sebagai antioksidan alami yang membantu mengurangi resiko berbagai jenis kanker dan penyakit jantung.

 

  1. Mengurangi dan mengobati jerawat dan gangguan pencernaan.

Penelitian modern telah membuktikan bila madu dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis gangguan pencernaan. Selain itu kandungan anti bakterialnya juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat.

 

  1. Anti bakteri dan Anti Jamur

Semua jenis madu bersifat anti bakteri hal ini disebabkan karena lebah memiliki enzim yang membuat hidrogen peroksida. Hal ini diungkapkan oleh Peter Molan, direktur unit penelitian madu di selandia baru.

 

  1. Meningkatkan Stamina

Atlet olahraga dan Olimpiade kuno senantiasa mengkonsumsi madu setiap hari untuk meningkatkan stamina mereka. Baru – baru ini dalam sebuah studi modern telah ditemukan bila madu mengandung zat yang dapat mempertahankan tingkan glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan tubuh daripada pemanis lainnya.

 

  1. Meredakan batuk dan iritasi tenggorakan

Manfaat Madu sangat baik dikonsumsi bila kita sedang tidak enak badan seperti mau flu atau batuk. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 110 anak diberi madu dalam takaran yang sama. Efeknya cukup mengejutkan karena memiliki efek yang sama seperti obat dengan kandungan dekstrometorfan dalam meredakan batuk pada malam hari sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

 

  1. Mengandung 5 Element Seimbang

Di Indonesia madu sudah digunakan selama 4000 tahun sebagai pengobatan ayurveda dan dianggap sebagai elemen seimbang penyusun tubuh. Madu dipercaya dapat berguna untuk meningkatkan penghihatan, menjaga berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kencing, asma bronkial, diare, dan mual. Begitu banyaknya Manfaat Madu disebut sebagai “Yogavahi” karena dapat menembus jaringan terdalam dari tubuh. Selain itu, keajaiban madu adalah dapat dikolaborasikan dengan obat herbal lain tanpa mempengaruhi ( bersifat negatif ) unsur kimia dalam obat tersebut bahkan obat herbail yang dicampur dengan madu khasiatnya meningkat.

 

  1. Menyeimbangkan Gula Darah

Berbeda dengan zat pemanis buatan atau pemanis alami dari tebu yang bila dikonsumsi secara terus menerus dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah. Meski madu mengandung pemanis ternyata unsur senyawa pemanis dalam madu jauh berbeda dengan pemanis dari tebu. Bahkan kombinsi tepat antara fruktosa dan glukosa dalam madu dapat mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh manusia.

 

  1. Menyembuhkan luka bakar

Kulit merupakan organ tubuh sangat vital karena melindungi bagian dalam tubuh dari bakteri yang berada di udara. Jika kulit mengalami kerusakan yg disebabkan o/ salah satunya luka bakar mk bakteri dpt dgn mudah menginfeksi organ dalam dibawah kulit. Ajaibnya, bila kita menggunakan madu sebagai obat untuk luka bakar maka bakteri enggan untuk menginfeksi organ tersebut. Setelah diteliti madu mengandung sulfadizene yang sama efektifnya seperti obat luka bakar. Selain itu, efek anti bakteri madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Bagi siapa saja yang kakinya tidak sengaja terkena knalpot sebaiknya jangan gunakan pasta gigi tapi cobalah madu sebagai obatnya 🙂

 

  1. Probiotik alami

Beberapa jenis madu memiliki beberapa bakteri yang ramah. Seperti 6 jenis laktobasilus dan 4 spesies bifidobacteria.

 

  1. Mempercantik Kulit

Kualitas anti bakteri dalam madu yang baik ternyata dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit. Jika digunakan dengan bahan lain dapat meningkatkan kecantikan kulit. Kita bisa memanfaatkan madu sebagai masker wajah.

 

Nah itu tadi manfaat madu #reinalovers. bagus ya ternyata buat kesehatan 🙂

 

Sumber: http://yukidaniswara.blogspot.com/2012/12/10-manfaat-madu-dan-kandungan-nutrisinya.html