Selamatkan Bumi dari Sampah Plastik Mulai dari Diri Sendiri

Dikutip dari laporan Forum Ekonomi Dunia ( World Economic Forum ) berjudul White Paper on Plastics Circular Economy and Global Trade terbitan juli 2020. Sebanyak 400 juta ton plastic dihasilkan dunia setiap tahunnya untuk berbagai keperluan, Sebagian sampah plastik berpotensi merusak lingkungan tanah, air dan udara. Konferensi Laut PBB di markas New York, Amerika Serikat pada 2017. Konferensi menyebut limbah plastik di lautan telah membunuh 1 juta burung laut, 100 ribu mamalia laut, kura-kura laut, dan ikan-ikan dalam jumlah besar setiap tahun.

            Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan sebuah kebijakan, Peraturan Presiden nomor 83 tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut. Di dalam peraturan tersebut, terdapat rencana aksi nasional (RAN) penanganan sampah plastik di laut pada 2018-2025.Targetnya, sampah plastik di laut tereduksi hingga 70 persen pada 2025. Salah satu upayanya adalah dengan mengaktifkan Kemitraan Aksi Plastik Nasional (National Plastic Action Partnership/NPAP). Kemitraan tersebut menjadi yang pertama di dunia dan menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen untuk mengurangi produksi sampah plastik.

            Mendengar berita tersebut kira – kira apa tanggapan reina lovers untuk mengurangi sampah plastik ? tentunya kita sebagai manusia harus menjaga bumi rumah kita tinggal. Mimin mau share 4 Langkah – Langkah untuk mengurangi sampah plastik

1. Membawa Tas Belanja Sendiri

Tas belanja membantu mengurangi penggunaan kantong plastic, tas belanja berbahan kain dapat digunakan berulang kali serta dapat dicuci. Plastik memang dapat digunakan berulang kali tetapi semakin lama akan terjadi penumpukan sampah plastic dan plastic sukar diurai oleh tanah.

2. Mendaur Ulang Barang Bekas yang Bisa Dipakai Kembali

Memanfaatkan barang bekas agar bisa dipakai Kembali sangat efektif untuk mengurangi plastic. Seperti botol bekas dapat digunakan sebagai pot,celengan, tempat pakan hewan dan masih banyak lagii. Reina lovers wajib kreatif ya, Bersama kita menjaga lingkungan.

3. Tidak Menggunakan Sedotan Plastik

Mengurangi penggunaan sedotan plastic sangat penting karena sedotan plastic mempunyai kontibusi yang cukup besar terhadap kematian banyak hewan. Sebaiknya menggunakan sedotan yang dapat dipakai kembali.

4. Membawa Botol Minum dan Alat Makan Sendiri

Memang agak ribet membawa botol dan alat makan sendiri, membawa minum dari rumah juga dapat menghemat pengeluaran reina lovers apalagi kalau anak rantau,akhir bulan hehehehe, alat makan yang dapat digunakan berulang kali dapat membantu mengurangi penggunaan plastik.

Reina lovers mari kita selamatkan bumi dengan mengurangi penggunaan sampah plastic, reina lovers wajib punya “Reina Cutlery “punya alat makan sendiri reina lovers juga sudah membantu menyelamatkan bumi, Bamboo Cutlery Set dari rumah reina ini Biogradable, dapat digunakan berulang kali dalam 1 set reina lovers mendapatkan sendok, garpu, pisau, sedotan dan pouch.

Terima kasih, semoga bermanfaat yaa.  Intan

Yuk Check Out

https://shopee.co.id/product/143784971/11921203636?smtt=0.377406441-1660719728.9

Refrensi:

1. https://www.rumah.com/panduan-properti/15-cara-mengurangi-sampah-plastik-rumahan-dan-contoh-daur-ulangnya-27696

2. https://indonesia.go.id/kategori/budaya/2539/selamatkan-laut-dari-sampah-plastik

Leave a Comment

Your email address will not be published.