Minuman Pereda Nyeri Haid

minuman-pereda-nyeri-haid

Kerap kali para wanita merasakan nyeri saat masa haid atau menstruasi. Haid (menstruasi) sendiri merupakan proses pengeluaran darah dari uterus disertai serpihan selaput dinding uterus pada wanita dewasa yang terjadi secara periodik. Biasanya, pada saat dan sebelum haid sebagian besar wanita mengalami rasa tidak nyaman di perut bagian bawah. Bahkan, parahnya nyeri tersebut terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain seperti mengompres perut dengan air hangat, relaksasi maupun minum minuman herbal.

Produk herbal saat ini memang sedang menjadi alternatif terutama bagi para remaja putri yang ingin mengurangi rasa nyeri tanpa mendapatkan efek samping. Salah satu produk herbal yang sudah familiar digunakan untuk mengurangi rasa nyeri haid adalah minuman kunyit. Minuman kunyit adalah minuman yang menggunakan kunyit sebagai bahan utama pembuatannya. Secara ilmiah kunyit memang memiliki kandungan bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai analgetika, antipiretika dan antiinflamasi.

Tidak hanya sekadar tradisi turun-temurun bahwa meminum kunyit asam dapat meredakan nyeri haid, faktanya beberapa penelitian menemukan hasil yang sejalan. Agen aktif dalam kunyit yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan antipiretika adalah curcumine, sedangkan sebagai anagetika adalah curcumenol. Buah asam jawa juga memiliki agen aktif alami anthocyanin sebagai antiinflamasi dan antipiretika, selain itu asam jawa juga memiliki kandungan tannins, saponins, sesquiterpenes, alkaloid dan phlobotamins.

 Kandungan berbagai bahan aktif alami di minuman kunyit asam dapat menurunkan aktivitas enzim siklooksigenase sehingga dapat menurunkan reaksi inflamasi, mengurangi pelepasan prostaglanding saat menstruasi, menekan aktivitas sistem saraf otonom sehingga dapat menekan terjadinya kontraksi dan vasospasme yang berlebihan, serta mengurangi stres emosional.

.

Konsultasi kesehatan holistik dengan Rumah Reina bersama : Made Ayu Aryani (Holistic Healing Coach, Soul Healer, Acaraki) dan Retno Hernayani (Senior Herbalist/ Acaraki) Pengobatan yang dilakukan adalah Jamu Therapy, Soul Food, Ayurvedic (Holistic Healing Approach).

Referensi:

Safitri, M. (2018). Efektifitas Minuman Kunyit Asam dalam Penurunan Skala Nyeri Haid. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan dan Keperawatan, 11(2), 47-53.

Leave a Comment

Your email address will not be published.